Jumat, 03 September 2010

Install Maktabah Syamilah

Untuk petunjuk penginstallan yang lebih lengkap bisa teman-teman dapatkan di sini: Install Maktabah Syamilah

Maktabah Syamilah yang beredar saat ini ada 3 versi:
1. Maktabah Syamilah 1 (Memuat lebih 1200-an Kitab lama dan kontemporer/1.2 GB)
2. Maktabah Syamilah 2 (Memuat lebih 1800-an Kibat lama dan kontemporer/3 GB)
3. Maktabah Syamilah 3 (Memuat lebih 6000-an Kitab lama dan kontemporer/14 GB)

Petunjuk Sebelum Penginstalan:
1. Maktabah Syamilah berjalan pada program Windows yang berbasis Arabic. Sehingga, bila Windows anda tidak berbasic Arabic, dijamin maktabah syamilah tidak akan berjalan.
2. Sebelum menginstal syamilah, sebaiknya anda periksa settingan language anda. Jika Anda menggunakan windows XP misalnya, anda bisa membukanya di program control panel: Click menu start>buka control panel>buka regional and language option. Setelah itu pilih menu advanced. Pastikan language version of the non-Unicode program menggunakan language Arabic (Saudi Arabia)
3. Program syamilah yang ada dalam CD/DVD ini tersimpan dalam program RAR. Untuk itu, bagi anda yang belum terinstall program RAR di dalam komputernya, sebaiknya menginstallnya terlebih dahulu. Tidak usah cari kemana-mana, sudah saya sediakan kok di dalam paket CD/DVD ini. Lihat di dalam CD/DVD: double click atau click kanan program WinRAR 3, kemudian open.
Setelah ketiga point di atas terpenuhi, barulah kita siap melakukan penginstallan maktabah syamilah 1 & 2 dengan langkah-langkah sebagai berikut:


A. Maktabah Syamilah 1:
1. Click kanan folder Syamilah 1, pilih extract file. pilih folder yang anda kehendaki. Di My Document misalnya.
2. Buka Folder Syamilah yang sudah diextract
3. Double Click Setup (penginstallan)
4. Tunggu kira-kira 5 detik.
5. Selesai
6. Sekarang, silahkan buka program Library
7. Maktabah Syamilah berisi kitab-kitab berbahasa arab. Kalau belum bisa bahasa Arab, maka langkah selanjutnya adalah belajar Bahasa arab dahulu. He...he...he...

B. Maktabah Syamilah 2
1. Cara install Maktabah Syamilah 1 dan 2 tidak terlalu beda. Extract terlebih dahulu syamilah2.rar di tempat yang anda kehendaki. Di My Document misalkan (lebih baik cari space hardisk yang lebih besar, karena syamilah 2 ini lumayan besar isinya).
2. Buka folder syamilah hasil extract (yang ada di My Document). Double click Setup. Maktabah Syamilah akan diinstall difolder baru sesuai dengan tempat yang Anda inginkan. Misalkan di C:\Program Files\
2. Setelah selesai installasi. Cari folder di C:\Program Files\ المكتبة الشاملة
3. Buka program Shamela. Dan selamat menikmati.


C. Upgrade Maktabah Syamilah 2 Ke Versi 3
1. Copy seluruh file yang ada di folder Upgrade maktabah syamilah ke versi 3, kemudian
2. Paste-kan ke folder hasil extract syamilah2.rar (lihat point nomor 2 pada cara install maktabah syamilah 2, di situ anda paste-kan copy ugradenya)
3. Buka atau double click file upgrade.exe. Setelah sukses, akan ada tambahan file baru
4. Buka atau double click file yang bertuliskan_shamela.exe
5. Selesai. Lihat perbedaan antara maktabah syamilah 2 dan 3


D. Maktabah Syamilah 3.8
Maktabah syamilah 3.8 berisi lebih 6000 kitab. Space yang digunakan sekitar 14 G + mentahnya sebesar 3.8 G. Jadi, persiapkan space hardisk Anda jika ingin menginstall versi ini. Sedang untuk installnya gambapng sekali:

1. Buka folder syamilah 3.8
2. Anda tinggal open / double click file: Library[6688]v3.8.part001.exe (fungsinya adalah untuk mengextract seluruh file yang ada di folder syamilah 3.8
3. Pilih tempat yang Anda inginkan untuk menampung isi maktab syamilah 3.8 atau jika menginginkan langsung mengextract di folder yang sama tinggal click تثبيث
4. Tunggu sampai selesai. Kalau mau, persiapkan saja kopi dan beberapa snack, karena proses penginstallan lumayan cukup lama, bias menghabiskan 3 jam lebih (tergantung space computer).

0 komentar:

Posting Komentar