Jumat, 09 Juli 2010

Bikin Drob Down Di Menu Joomla.

Hmmmm....... Joomla, merupakan kata yang tidak asing lagi bagi para pencinta web apalagi yang mengembangkannya untuk bisnis didunia maya berupa toko maya. Tampilan dan design adalah hal utama dalam kebutuhan sebuah website. Jadi apabila suatu website itu menggunakan tampilan dan menu yang mudah diakses dan menarik tentunya pengunjung akan sering berlama-lama di website tersebut. Diartikel kali ini saya tidak membahas apa dan bagaimana website yang baik. Tapi saya akan membahasa bagaimana membuat sebuah drop down menu joomla 1.5.15


Kebanyakan template joomla sekarang sudah banyak yang menggunakan drop down menu. Drog Down opo meneh to kang imam.... ? nyante aja ntar di liatin ja web joomlanya kang imam, Tapi tidak ada salahnya kita mengetahui bagaimana cara membuatnya kan. drop down kali ini kita menggunakan sebuah component. component tersebut bisa kalian dapatkan di website resmi nya yaitu di http://www.swmenupro.com/index.php?option=com_remository&func=fileinfo&id=19&Itemid=300.
Nah kalau componentnya udah didownload silahkan ikuti lagi cara dibawah ini.
1. Login ke halaman back end joomla kalian.
2. Kemudian klik menu extension pilih sub menu install/uninstall. Kemudian klik tombol browse dimana kalian menyimpan component tadi, jika sudah ketemu klik ok. Setelah itu klik lagi upload file & install. Jika sudah terinstall makan akan muncul pesan Install Component Success.
3. Kemudian klik menu component pilih sub menu swmenufree. setting nilainya seperti gambar dibawah ini.
setting component joomla

Untuk module name boleh pake nama yang lain kok. yang lain harus sama dengan yang digambar tadi deh pokoknya. Nah buat gak bentrok tuh top menu yang ada diatas tinggal di disable aja top menunya. Caranya klik menu extensions pilih sub menu modul terus cari module top menu. klik tanda centang disamping nya hingga berubah menjadi tanda silang berwarna merah. Sedangkan untuk menu source sebenarnya boleh dari source menu lainnya. tapi saya sarankan sih dari main menu aja.

Terus bagaimana menbamhkan sub menu hingga menjadi drop down menunya? sabar manusia biasa ngidupin roko dulu. OK!!!!!!!!!!!!

Nah ikutin cara ini yah!
1. Pilih menu menus -->> main menu
2. tambahkan menu baru klik tombol new yang ada dipojok kanan atas, setelah itu pilih Select Menu Item Type sesuai dengan kebutuhan. Kalau sudah seperti ini nih.


terus klik save deh!!!!! dan hasilnya silahkan lihat di http://bhrddemak.com/news/joomla/ klik aja menu atas Profil and download. nah tu yang namanya menu drobdown. coba joomla uey.......
Beres deh...... Gimana???? meluncur....... langsung coba

0 komentar:

Posting Komentar